Diposkan pada Buku

Baca Ribuan Buku Gratis Via Aplikasi iPusnas


“Pengen baca buku tapi lagi kere. Hmm…”

“Duh…mesti cari referensi tapi males ke perpus, jauh.”

Eh jangan sedih. Sekarang kamu bisa baca buku di mana saja, kapan saja, GRATIS pula. Gimana sih? Easy! Tinggal unduh aplikasi iPusnas di HP masing-masing. iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook dan berbasis media sosial yang disediakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). Kenapa berbasis media sosial? Karena selain bisa membaca buku, kamu juga bisa berinteraksi dengan sesama pengguna apps ini, seperti memberi ulasan buku, merekomendasikan buku, menambah teman, dsb. Aplikasi ini sendiri sudah tersedia di Play Store sejak tahun 2016.

Registrasi Anggota

Setelah mengunduh iPusnas, kamu mendaftar sebagai anggota. Cara mendaftar amat mudah. Tinggal ketik alamat email yang ingin digunakan atau klik tombol Facebook yang telah disediakan. Jika berhasil, kamu resmi jadi anggota apps iPusnas. Selamat!

Cara Pinjam Buku

Nah, gimana cara membaca buku di iPusnas? Konsep apps ini persis seperti meminjam buku di perpustakaan.

Cari buku yang ingin dipinjam. Jika sudah ketemu, klik sampul buku tersebut. Untuk postingan ini, saya pilih contoh novel Gentayangan karya Intan Paramaditha.

Klik tombol “Borrow”

Klik kategori “Popular”

Klik “Yes” untuk konfirmasi

Klik “Close”

Secara otomatis, buku akan 100% terunduh. Kalau jaringan internetmu sedang kurang bagus atau apps iPusnas sedang lemot, buku tidak terunduh secara otomatis tapi muncul tombol “Download”. Kamu bisa klik tombol tersebut untuk mengunduh.

Jika tombol sudah berganti warna hijau dan tertulis “Read” berarti buku berhasil kamu pinjam dan siap untuk dibaca.

Untuk mengecek daftar buku yang kamu pinjam (Bookshelf), kamu bisa klik ikon ini.

Untuk mengembalikan buku, tinggal klik “Return”

Buku yang dipinjam HANYA BISA DIBACA MELALUI APPS IPUSNAS. Jumlah maksimal buku yang dapat dipinjam sebanyak 3 buku per hari dan waktu peminjaman adalah 3 hari. Lewat dari itu, buku yang sudah dipinjam secara otomatis dikembalikan ke sistem. Jadi, tidak ada denda kalau kamu lupa mengembalikan 🙂

Catatan:

  • Beberapa buku yang banyak peminat memungkinkan kamu untuk ngantri lebih dulu sebelum bisa meminjam buku. Tombol “Borrow” berganti dengan tombol “Queue”. Kalau pun buku sudah dikembalikan, kamu tidak akan dapat notifikasi. Jadi, mesti rajin-rajin ngecek sendiri. Persis seperti di perpustakaan kan?
  • Beberapa buku memang tidak bisa dipinjam. Entah kenapa. Contoh: Animal Farm oleh George Orwell ini. Coba lihat jumlah orang yang antri, sedangkan tidak ada satupun yang pernah membaca buku ini hihihi.

Daftar Buku

Jenis buku yang tersedia di iPusnas bermacam-macam, baik fiksi maupun nonfiksi. Sayangnya banyak pula buku yang mungkin tidak akan kamu temukan di sini. Saya berasumsi Perpusnas RI sudah melakukan kerja sama dengan penerbit-penerbit mayor seperti KPG, GPU, atau Mizan. Sedangkan buku-buku dari penerbit independen semisal Marjin Kiri, Basabasi, atau Indie Book Corner tidak bisa ditemukan.

Buku di apps ini pun tersedia untuk berbagai kalangan, mulai dari anak kecil, remaja, sampai orang dewasa. Saya sendiri sudah hampir khatam buku Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi (Bilingual Version) yang notabene merupakan buku cerita anak-anak xixixi.

Oh iya. Awalnya saya kira iPusnas cuma menyediakan buku-buku lama. Ternyata, buku-buku baru bahkan buku yang terbit di akhir tahun 2017 pun bisa dipinjam di sini (ya ini si Gentayangan terbit Okt 2017). Kewreeen! (jangan tanya apa ada ketakutan dari penerbit terhadap penurunan penjualan buku di toko buku dengan adanya iPusnas ini, asumsikan sudah ada komunikasi dari kedua pihak lah).

Sejauh ini, pengalaman membaca di iPusnas sangat menyenangkan meskipun kadang-kadang apps ini rada lemot. Boleh dicoba BANGET!

Semoga informasi ini bermanfaat yes.

PS: berhubung mata punya keterbatasan untuk melihat layar HP, lebih baik baca buku betulan di perpustakaan betulan dong, terutama buat buku-buku yang cukup tebal. Kalau di Jakarta, saya merekomendasikan Perpustakaan Kemendikbud atau Perpusnas RI. Ciao!

 

Iklan

2 tanggapan untuk “Baca Ribuan Buku Gratis Via Aplikasi iPusnas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s