Diposkan pada Jurnal

10 Tips Keselamatan Saat Bepergian dengan Pesawat


Source: wallpapersboom.com
Source: wallpapersboom.com

Pesawat kini telah menjadi salah satu pilihan utama masyarakat karena dinilai dari segi efisiensi waktu, metode transportasi inilah yang paling menghemat waktu perjalanan. Namun, akhir-akhir ini kerap kita mendengar berita mengenai kecelakaan pesawat. Peristiwa terakhir yang sekaligus menutup tahun 2014 dengan kesedihan adalah hilangnya pesawat Air Asia QZ8501 pada tanggal 28 Desember 2014. Pesawat ini ditemukan kemudian pada tanggal 30 Desember 2014 telah tenggelam di perairan dekat Pangkalan Bun.

Berbicara tentang bepergian dengan pesawat, ada baiknya sebagai penumpang kita juga aware dengan keselamatan pribadi. Sebanding dengan efisiensi waktu, metode transportasi ini turut memiliki resiko yang lebih tinggi dibanding metode transportasi lainnya. Berikut ini tips-tips aman bepergian dengan pesawat yang selalu saya lakukan, dengan beberapa tambahan berdasarkan hasil nonton film-film 😀

  1. Informasikan Detail Keberangkatan & Kepulangan ke Orang Tua/Kerabat

Selalu informasikan secara TERTULIS, baik SMS/WA/BBM/email, dll (lebih baik SMS karena tidak memerlukan jaringan internet untuk membaca pesannya) detail keberangkatan dan kepulangan dengan pesawat kepada orang tua, teman, atau kerabat lainnya yang mas/jeng percayai. Kalau saya tidak pernah lupa menginformasikan meliputi hal-hal ini: Nama Maskapai, Kode Penerbangan, Jam Keberangkatan/Kepulangan, Nomor Gate, bahkan Nomor Kursi. Informasi ini penting agar ketika kerabat kita khawatir ketika kita tidak ada kabar, mereka dapat dengan mudah memfollow-up kepada pihak yang berwenang.

  1. Matikan Electronic Devices Selama di Pesawat

Hal ini kerap diingatkan di dalam pesawat. Sayangnya, sepertinya banyak orang masih belum terlalu peduli terhadap hal ini. Menyalakan HP atau alat elektronik lain yang memerlukan sinyal mampu mengganggu sinyal navigasi dan sinyal komunikasi antara awak pesawat dengan ATC, sehingga dapat berujung pada miskomunikasi. Perlu diketahui bahwa pilot pun memerlukan bantuan dari ATC agar pesawat dapat terbang dengan aman sesuai jalur yang ditentukan. Maka, jangan sepelekan mematikan electronic devices ya karena keselamatan seluruh penumpang adalah tanggung jawab seluruh penghuni pesawat.

  1. Perhatikan Baik-Baik Upaya Penyelamatan Diri Apabila Terjadi Emergency Case

Seringkali penumpang tidak memperhatikan ketika peragawati sedang memperagakan cara penggunaan masker oksigen, pelampung, maupun lokasi pintu darurat. Ya semoga artinya semua sudah hafal yaa. Memperhatikan sejak awal adalah penting! In case of emergency yang membuat awak pesawat pun tidak dapat memandu, kita sendiri sudah mengetahui dengan benar cara menyelamatkan diri. Selain peragaan sebelum take off, pada bagian belakang masing-masing kursi selalu disediakan brosur petunjuk keselamatan. Bisa banget dibaca-baca.

  1. Kenakan dan Kencangkan Safety Belt

Selalu kenakan dan kencangkan safety belt selama berada di dalam pesawat, kecuali ketika akan pergi ke toilet tentunya. Meskipun pemakaian safety belt hanya diwajibkan ketika take off dan landing, tapi sebaiknya selalu digunakan untuk berjaga-jaga ketika terjadi turbulensi sewaktu-waktu. Jika terjadi situasi emergency, pastikan mas/jeng baru melepas safety belt setelah menggunakan pelampung.

  1. Kartu Identitas dan HP Dibungkus Plastik dan Disimpan di Tempat yang Terjangkau

Pastikan selalu membawa kartu identitas (ya iyalah), menamai pakaian yang sedang digunakan, dan bawa HP. Jangan lupa juga untuk menyiapkan plastik untuk membungkus kedua benda tersebut agar tidak basah jika harus water landing. Simpan keduanya di tempat yang terjangkau untuk diambil.

  1. Full Charge Baterai HP

Pastikan baterai HP penuh sebelum berangkat. Jangan pernah berpikiran ‘toh di pesawat dimatikan juga’. Justru apabila pesawat mendarat in the middle of nowhere, jaringan pasti akan lebih sulit dicari sehingga baterai HP cepat habis. Tentunya kita tidak mau kehilangan kesempatan mengontak orang ketika sedang terdampar di suatu tempat kan?

  1. Dahulukan SMS Ketimbang Telepon

Jika berada di in the middle of nowhere, sama halnya dengan sebelum keberangkatan, pastikan kita memberikan informasi secara TERTULIS kepada orang yang kita informasikan di awal untuk memberitahukan minimal hal berikut: Kejadian apa, mas/jeng sedang di mana, mereka yang kita informasikan harus melakukan apa. Siapa tahu tidak ada yang mengangkat telepon, setidaknya dengan SMS pesan kita tetap tertanam di layar HP seseorang.

  1. Menjaga Kesadaran Selama Bepergian

Yap, sadar merupakan hal yang penting ketika bepergian dengan pesawat. Pastikan badan kita fit ketika masuk ke pesawat. Saya pribadi sih biasanya susah tidur kalau di pesawat, tapi sebaiknya memang ketika take off dan landing, atau kapanpun ketika terjadi turbulensi, kita dalam kondisi sadar sepenuhnya. Jika terjadi situasi emergency, kita sudah siap untuk berdoa (pastinya) dan bertindak untuk keselamatan, apabila diperlukan.

  1. Kenakan Pakaian Tertutup, Berwarna Cerah, dan Berbahan Ringan

In case of emergency sehingga kita harus water or ground landing (naudzubillahimin dzalik, jangan sampai Ya Allah), pakaian tertutup menjaga kita dari interaksi dengan benda-benda yang tidak diinginkan (misal: bulu babi, serangga, dll). Pakaian berwarna cerah dapat memudahkan kita untuk dilihat. Sedangkan pakaian berbahan ringan agar kita mudah bergerak, terutama jika harus tercebur ke laut tentunya membawa banyak beban akan menguras energi. Selain itu, pakaian ringan (yang dilepas dari badan tentunya hehehe) dapat dikibarkan sehingga memudahkan kita untuk dilihat.

  1. Berdoa

Perlu diingat bahwa kita ini bukan siapa-siapa. Bisa saja situasi darurat benar-benar begitu darurat sehingga membuat kita tidak sempat melakukan prosedur keselamatan apapun and then the worst thing happens. Maka, banyak-banyaklah berdoa selama perjalanan. Kita tidak tahu kan kita akan dipanggil dengan cara yang seperti apa 🙂

Have a safe flight!

Iklan

3 tanggapan untuk “10 Tips Keselamatan Saat Bepergian dengan Pesawat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s