Diposkan pada Jurnal

Sunrise Hunter


Hai mas/jeng!

Sekian lama nggak nulis, kali ini saya mau menulis tentang hal yang sangat personal, yaitu tentang kegiatan travelling saya. Saya mulai travelling setelah lulus kuliah. Destinasi pertama adalah Karimun Jawa pada bulan Oktober 2012, tepat satu minggu sebelum wisuda. Lanjut hingga sepanjang tahun 2013 ini saya travelling kira-kira 2 bulan sekali, yaitu: Dieng Plateu (Wonosobo), Gunung Sindoro (Wonosobo), Pulau Krakatau (Lampung), Pulau Pari (Kep. Seribu), dan Gunung Papandayan (Garut).

Orang yang hobi travelling punya motif yang bermacam-macam tentunya. Bisa refreshing dari rutinitas sehari-hari, travelling itu challenging, memang ingin keliling dunia, dsb. Tak terkecuali saya, yang punya motif lebih lebih spesifik lagi yaitu mencari sunrise.

Saya suka suasana pagi hari. Semangat, hangat, dan determinan. Saya suka ketika bangun disambut oleh sinar matahari yang menelusup memenuhi dinding kamar. The point is, saya memang suka sunrise.

Hunting sunrise baru saya mulai pada awal tahun 2013. Sudah lama saya membaca artikel tentang tempat-tempat dengan sunrise terbaik di Indonesia, disebutkan ada tiga yaitu Gunung Bromo, Pantai Kuta, dan Dieng Plateu. Saya pernah ke Gunung Bromo dan Pantai Kuta tapi menurut saya sunrise-nya biasa-biasa saja. Akhirnya setelah dipertemukan dengan kesempatan dan tekad yang kuat *ahzek*, saya memutuskan untuk mengawali 1 Januari 2013 dengan Golden Sunrise di Dieng. Subhanallah ya meskipun sedang musim hujan dan Golden Sunrise tidak muncul dalam kondisi terbaik, saya tetap sangat menikmati. Level keindahan sunrise di Dieng buat saya cukup jauh melebihi Gunung Bromo atau Pantai Kuta.

Sudah jadi informasi umum orang pergi ke gunung untuk menikmati sunrise dan pergi ke pantai untuk menikmati sunset. Namun, bisa saja itu jadi sebuah anomali. Makanya saya tidak pasang patokan harus ke sini-ke situ sesuai referensi yang beredar karena ternyata belum tentu tempat wisata tersebut bisa di-referensikan dengan baik.

Contoh, ketika saya travelling ke Pulau Pari. Sunrise di sana baguuus sekali, jauh lebih bagus dibanding sunset-nya. Sunrise-nya pun lebih bagus dibandingkan dengan sunrise di Gunung Sindoro atau Gunung Papandayan. Yah, who knows ya 😀

IMG_0618 (1)

Saya punya album khusus foto-foto sunrise yang saya capture dari travelling sepanjang tahun 2013, dan harus terus diisi. Album ini saya taruh di meja kantor supaya bisa me-refresh mata kalau lagi suntuk, dan terutama supaya saya terus bersemangat untuk hunting sunrise :D.

Saya ingin keliling dunia mencari tempat-tempat dengan sunrise terbaik.

Yeah…!

Iklan

3 tanggapan untuk “Sunrise Hunter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s