Diposkan pada Jurnal

Tentang Departemen HSE


Hai mas/jeng!
Pada tulisan kali ini saya sekali-kali mau mengulas tentang proyek perusahaan yang sedang saya kerjakan. Saat ini saya sedang mengikuti program internship (magang) di sebuah oil company perihal sertifikasi ISO 14001:2004 (Sistem Manajemen Lingkungan). Proyek ini memungkinkan saya bekerja bersama dengan Departemen HSE. Kali ini, saya akan coba memberikan gambaran umum terlebih dahulu tentang apa sih departemen HSE itu?
HSE merupakan singkatan dari Health and Safety Environment (Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan Kerja). Bagi sarjana Teknik Lingkungan yang ingin berkecimpung di dunia industri, maka departemen ini merupakan tempat yang paling tepat bagi Anda. Mengapa? Karena umumnya di perusahaan-perusahaan, Departemen HSE memiliki dua core yakni Safety dan Environment, yang keduanya dipelajari di masa perkuliahan Teknik Lingkungan.

.
1. Safety
Tujuan utama dari keberadaan bagian Safety adalah untuk memastikan bahwa kegiatan perusahaan dilakukan dengan cara yang aman dan sehat. Oleh karena itu, Safety bertanggung jawab terhadap segala kejadian kecelakaan akibat kerja yang terjadi di perusahaan. Namun, bukan berarti setiap kecelakaan kerja merupakan akibat dari kesalahan yang dilakukan oleh Departemen HSE. Sama sekali bukan. Karena prinsip dasar dari keselamatan kerja tersurat dari slogan ini: Safety is an attitude, a frame of mind. Oleh karena itu, pencegahan kecelakaan kerja merupakan tanggung jawab setiap personel.

Safety is everybody’s responsibility

Ruang lingkup kerja bagian Safety, di antaranya:
1. Penetapan HSE Policy/Plan milik Perusahaan
2. Penyusunan HSE Manual System milik Perusahaan
3. Penyusunan standar prosedur untuk penggunaan material atau aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan
4. Audit keselamatan kerja
5. Menjadi pihak yang paling bertanggung jawab untuk menelusuri motif, asal-usul, dan segala hal yang berhubungan dengan kejadian kecelakaan kerja
6. Menggalakkan awareness tentang keselamatan kerja terhadap seluruh karyawan perusahaan

Sumber: Poster di COPI Jakarta Office (non full poster)
Sumber: Poster milik perusahaan (non full poster)

2. Environment
Jika Safety memiliki fokus penuh terhadap keselamatan kerja, maka Environment memiliki fokus terhadap lingkungan, terutama yang berhubungan dengan aktivitas perusahaan. Pengelolaan limbah yang dihasilkan oleh perusahaan agar tidak mencemari lingkungan merupakan tanggung jawab bagian ini.
Di beberapa perusahaan maju, bagian Environment ini sudah ditambahkan ruang lingkupnya menjadi Env SD (Environment and Sustainable Development). Perbedaan dari Environment dan Env SD ialah metode pengelolaan limbah yang dilakukan perusahaan. Untuk Environment, pengelolaan limbah biasa menerapkan prinsip end-of-pipe yakni pengelolaan limbah ketika limbah telah terbentuk. Sedangkan Env SD menerapkan prinsip cleaner production (produksi bersih) yakni minimasi kuantitas dan kualitas limbah yang diterapkan pada seluruh proses produksi. Penambahan ruang lingkup ini menjadikan perusahaan mampu melaksanakan continual improvement terus menerus.

Sekiranya cukup itu saja sebagai gambaran terhadap departemen HSE di industri. Dalam kesempatan berikutnya, saya akan mencoba memberikan gambaran umum tentang ISO 14001:2004 perihal Sistem Manajemen Lingkungan. See you!

Iklan

4 tanggapan untuk “Tentang Departemen HSE

  1. Have you ever thought about adding a little
    bit more than just your articles? I mean, what you say is important and everything.

    Nevertheless think about if you added some great pictures or
    videos to give your posts more, “pop”! Your content is
    excellent but with images and video clips, this blog could
    certainly be one of the very best in its field. Great blog!

    1. wow, thank you so much for your advice!
      i didn’t expect the readers would pay attention to such detail. moreover, this article couldn’t be a reference, right?
      but okay, i promise next post will be more detail and ‘colored’ 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s