Diposkan pada Jurnal

Mari Kita Menuntut


Kembali.

Merenungi masa-masa penghabisan selama hampir 3 tahun terakhir di kampus gajah. Suka-duka yang berulang kali menghampiri. Kejenuhan menghampiri diiringi kesenangan menyusul yang menutup masa-masa penat yang dilalui.

Tiga tahun. Waktu yang tidak sedikit sepertinya, untuk mulai menumbuhkan kesadaran akan perlunya mengembangkan diri sekaligus mewujudkan mimpi dalam sebuah komunitas bersama di luar segala aktivitas akademik. Makhluk sosial.

Tidak terasa pula saat ini menjelang 2 tahun sudah tersandang status anggota sebuah organisasi ko-kurikuler dalam sebuah kampus yang sebagian besar civitasnya (baca : mahasiswa) dielukan sebagai orang-orang terbaik bangsa. Bukan menampik kenyataan, bukan pula angkuh. Anggap saja doa. Pengharapan besar bagi saya dan kita semua untuk menjadi sarjana utuh setelah menyerap (Insya Allah) banyak ilmu di tempat ini.

Dan sampai pula pada titik dimana orang-orang terdekat, lingkungan sekitar kita, masyarakat, bahkan hati nurani pribadi mempertanyakan. Setelah lama menikmati segala sarana-prasarana, baik materi maupun imateri yang baik kita sadari maupun tidak, pasti telah mengembangkan atau minimal menumbuhkan potensi pribadi. Serangkaian pemenuhan kebutuhan telah dikonsumsi. Maka, sudah saatnya membalikkan pernyataan menjadi sebuah pertanyaan.

Kebutuhan apa yang dapat saya penuhi?

Pertanyaan yang masih mungkin sulit untuk dijawab meski dengan ikhtiar. Maka, berkatalah sekiranya,

“Apa yang dapat saya berikan?”

Inilah masa-masa lingkungan menuntut ketulusan seseorang untuk mewujudkan kondisi ideal dalam pandangannya. Atau inilah masa-masa seseorang menuntut pencapaian terbaik yang dapat diwujudkan lingkungannya.

 

“…kedudukan adalah alat untuk mencapai tujuan”

M. Yunus – Ketua KMPN 2008/2009

 

Namun, ketika usaha yang telah dikerahkan tak mampu menjangkaukan kita terhadap alat tersebut, maka cukuplah hidup untuk senang dan (tetap) bermanfaat.

Tetap semangat 🙂

.

.

.

13.03 di Himpunan
random. tiba-tiba mau menulis tentang ginian.
Iklan

3 tanggapan untuk “Mari Kita Menuntut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s