Diposkan pada Jurnal

Kenaikan Tarif Dasar Listrik, Sebuah Ironi?


Sebuah potongan tulisan saya untuk lembaga. Tulisan aslinya panjang, tapi nggak perlu-lah ditulis lengkapnya untuk dipajang di blog.

Kenaikan Tarif Dasar Listrik diberlakukan terhitung sejak 1 Juli 2010. Mungkin mendadak, mungkin pula sudah diperkirakan. Namun, akar permasalahan serta maksud dari penaikan TDL ini belum tersosialisasikan dengan baik di masyarakat. Ya cobalah tanyakan pada orang-orang di sekitar.

Kenaikan tarif dasar listrik sesungguhnya menjadi sebuah ironi di tengah melimpahnya sumber energi di Indonesia. Kita semua tentu saja berharap, kalaupun memang TDL harus dinaikkan, pemerintah siap menyelamatkan rakyatnya dari efek buruk yang mungkin terjadi lewat kebijakannya.

Ya itulah pemerintah. Lalu, di manakah peran kita, mahasiswa Teknik Lingkungan?

Saya rasa cukup banyak yang lupa dengan salah satu peran mahasiswa sebagai control agent, pengontrol kebijakan sekaligus pengawas kinerja pemerintah. Mungkin ilmu kita kurang, tapi berbekal semangat dan kekritisan, bisa saja kita menjadi sok tahu dalam menyikapi isu menyangkut pemerintahan. Tapi justru di situlah tantangan mahasiswa dalam menjalankan posisinya sebagai insan akademis berdasarkan kebenaran ilmiah. Pilihannya hanya mau atau tidak dalam menjawab tantangan tersebut.

Pasalnya, saat ini masih banyak yang seolah tutup mata akan kebijakan-kebijakan pemerintah. Masih harus berkaca, begitupun saya. Padahal, seharusnya kita ini tidak lah menjadi mahasiswa nyinyir yang acuh atau hanya mampu mengkritik tanpa mengedepankan kebenaran, melainkan membantu pemerintah berpikir.

Dan meskipun kita yang berbasis keprofesian Teknik Lingkungan ini mungkin masih dangkal ilmunya mengenai kebijakan karena kita bukan Planologi, atau soal kenaikan TDL ini kita juga tidak banyak paham karena kita bukan anak Elektro yang mengetahui kondisi PLN, atau Teknik Perminyakan yang tentunya lebih paham potensi SDM (Sumber Daya Mineral) di Indonesia, ayo lah sama-sama kita membuka mata lebih lebar dengan isu-isu yang cakupannya bangsa. Toh kita bersentuhan langsung dengan segala dampak kebijakan pemerintah.

Terima kasih.

Demi Tuhan, Bangsa, dan Almamater !!!

Iklan

Satu tanggapan untuk “Kenaikan Tarif Dasar Listrik, Sebuah Ironi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s